Akreditasi

Akreditasi Internal

Proses Pembelajaran adalah kegiatan yang ditujukan untuk memberikan suatu sistem untuk melakukan diskusi serta meningkatkan kinerja dari proses pembelajaran secara berkesinambungan dengan menjadikan empat level tim mutu, mulai dari tingkat Dosen sampai tingkat Institut. Dengan adanya peningkatan kinerja proses pembelajaran secara berkesinambungan diharapkan sasaran mutu proses pembelajaran yang ditetapkan ITS dapat tercapai . SAR Proses Pembelajaran diberlakukan untuk S2, S1, D3 dan D4.

 

Tim yang terlibat

  • SPM-PK
  • Asesor
  • Jurusan
  • Fakultas

Alur Akreditasi Internal

SPMPK melakukan pendataan mengenai masa berlakunya akreditasi untuk jurusan/fakultas/institut

  • SPMPK melakukan rekrutmen pool assesor yang berpengalaman menjadi assesor untuk S1, S2 atau S3
  • SPMPK mengingatkan pada jurusan/fakultas/institut 7 bulan sebelum akreditasi habis, agar jurusan/fakultas/institut dapat menyusun dokumen akreditasi (Borang pengelola, borang prodi, evaluasi diri dan lampiran)
  • Jurusan/fakultas diharapkan dapat mengirimkan draft dokumen ke SPMPK untuk proses pre-evaluation, 7 bulan sebelum habis masa berlaku akreditasi.
  • SPMPK menunjuk 1 orang dari pool assesor sesuai dengan program studi yang akan mengajukan akreditasi
  • Pool assesor memeriksa, memberi masukan serta memberi penaksiran nilai pada dokumen akreditasi
  • Jurusan/fakultas/institut merevisi dan mengirimkan ke BAN-PT paling lambat 6 bulan sudah sampai di BAN

 

Proses Akreditasi

Proses akreditasi program studi dimulai dengan pelaksanaan evaluasi diri di program studi yang bersangkutan. Evaluasi diri tersebut mengacu pada pedoman evaluasi diri yang telah diterbitkan BAN-PT, namun, jika dianggap perlu, pihak pengelola program studi dapat menambahkan unsur-unsur yang akan dievaluasi sesuai dengan kepentingan program studi maupun institusi perguruan inggi yang bersangkutan. Dari hasil pelaksanaan evaluasi diri tersebut, dibuat sebuah rangkuman eksekutif (executive summary), yang selanjutnya rangkuman eksekutif tersebut dilampirkan dalam surat permohonan untuk diakreditasi yang dikirimkan ke sekertariat BAN-PT.

Sekertariat BAN-PT akan mengkaji ringkasan eksekutif dari program sudi tersbut, dan jika telah memenuhi semua kompoen yang diminta dalam pedoman evaluasi diri sekertariat BAN-PT akan mengirimkan instrumen akreditasi yang sesuai dengan tingkat program studi setelah instrumen akreditasi diisi, program studi mengirimkan seluruh berkas (intrumen akreditasi yang telah diisi dan lampirannya, beserta copy-nya) ke sekertariat BAN-PT. Jumlah copy yang harus disertakan untuk program studi tingkat Diploma dan Sarjana sebanyak 3 copy, sedangkan untuk program studi tingkat Magister dan Doktor sebanyak 4 copy. Penilaian dilakukan setelah seluruh berkas diterima secara lengkap oleh sekertariat BAN-PT.

 

 

Leave a comment

Peta Lokasi


Lihat Satuan Penjaminan Mutu dan Pengukuran Kinerja ITS di peta yang lebih besar

Kontak

Satuan Penjaminan Mutu dan Pengukuran Kinerja ITS
Perpustakaan Pusat ITS Lantai 6
Kampus ITS Sukolilo
Telp. Fax 031 5994418
Email : qa@its.ac.id
cc: adm_qa@its.ac.id

Jam kerja
Senin - Kamis : 08.00 - 16.00 WIB
Jumat : 08.00 - 15.30 WIB